Digital marketing merupakan sesuatu strategi pemasaran yang menggunakan media digital dengan bentuan internet. Aktifitas pemasaran online sudah berkembang dan populer sejak internet berkembang, umumnya populer di dunia bisnis dan perusahaan, mereka menerapkan pemasaran online atau digital marketing dengan membangun website yang berkualitas untuk edukasi produk, promosi dan katalok produk.
Digital marketing semakin berkembang di dunia pada umumnya dan indonesia pada khususnya, semenjak pandemi covid 2019. Adanya kebijakan pembatasan aktifitas karena pandemi, membuat trend masyarakat semakin bergeser untuk membeli segala macam produk maupun jasa melalui online.
Digital Marketing tidak hanya berkembang disektor bisnis saja, perkembangannya merata bahkan pada dunia pendidikan seperti sekolah, perguruan tinggi, dan lembaga pendidikan lain berlomba-lomba menggunakan digital marketing untuk beradaptasi mencari siswa/mahasiswa.
Tujuan Digital Marketing
Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen serta calon konsumen anda secara cepat dan instan. Dengan digital marketing poster/video anda miliki bisa disaksikan atau dibaca oleh ribuan hingga puluhan ribu orang dalam satu hari. berbeda jika pemasaran dengan convensional, kita biasanya mencetak brosur 1000 dan belum tentu dibaca oleh seribu orang.
Kelebihan Digital Marketing
Berikut sebagian kelebihan dari pemasaran digital dibanding dengan pemasaran konvensional.
1.Kecepatan Penyebaran Strategi
Marketing dengan memakai media digital bisa dicoba dengan sangat kilat, apalagi dalam hitungan detik. Tidak hanya itu, Desimeter pula bisa diukur secara realtime serta pas.
2.Kemudahan Evaluasi
Dengan memakai media online, hasil dari aktivitas pemasaran bisa langsung dikenal. Data semacam berapa lama produk Kamu ditonton, berapa banyak orang yang memandang produk Kamu, berapa persen konversi penjualan dari tiap iklan serta sebagainya.
3.Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan selanjutnya ialah jangkauan geografis dari Desimeter yang luas. Kamu bisa menyebarkan brand ataupun produk ke segala dunia cuma dengan sebagian langkah gampang dengan menggunakan internet.
4.Murah serta Efektif
Dibanding dengan pemasaran tradisional, pasti saja digital marketing jauh lebih murah serta efisien. Bayaran anggaran yang yang dihemat bisa hingga 40%, perihal tersebut bagi Gartner’ s Digital Marketing Spend Report.
Tidak hanya itu, survey pula menampilkan kalau 28% pengusaha kecil hendak berpindah ke digital sebab teruji lebih efisien.
5.Membangun Nama Brand
Digital marketing menolong Kamu membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Kamu sangat berarti sebab orang hendak melaksanakan pencarian online saat sebelum membeli produk Kamu.
Tipe Digital Marketing
•Website
Web sangat berfungsi dalam menampilkan profesionalisme industri, menolong konsumen mengenali bisnis Kamu, promosi yang hemat serta media bisnis yang gampang.
•Search Engine Marketing
Upaya buat membuat web industri gampang ditemui dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing dibagi atas Search Engine Optimization( SEO) serta Search Engine Marketing( SEM).
•Social Media Marketing
Edarkan platform di media sosial
semacam Facebook serta Twitter sebab bisa dicoba dengan bayaran yang sedikit apalagi free. Ini pasti saja bisa tingkatkan brand industri.
•Online Advertising
Media promosi lewat internet dengan berbayar. Ini bisa memperoleh konsumen lebih kilat serta memuaskan tetapi terbilang lebih mahal dibanding tipe yang tadinya.
•Email Marketing
Kamu bisa memberitahu data terkini menimpa promosi yang lagi berlangsung ataupun produk ataupun jasa terkini.
•Video Marketing
Dengan metode ini, Kamu bisa langsung menarangkan tentang bisnis Kamu, menarangkan produk serta metode memakainya dan menunjukkan testimonial pelanggan.
Strategi Digital Marketing
1.Search Engine Optimization( SEO)
SEO adalah upaya untuk mengoptimasi suatu website agar mendapatkan peringkat paling atas dari hasil pencarian di Google atau Mesin Pencarian yang lain seperti yandex, bing, dll. secara umum SEO dibagi menjadi 2, yaitu SEO OFF Page dan SEO Onpage. SEO OFF Page adalah upaya memperbanyak tautan website anda ke website lain. sedang SEO On Page adalah upaya mengoptimalisasi website anda, misalnya: tema website yang responsif, artikel yang ramah SEO, kecepatan website, kemudahan navigasi, Index, dll.
2.Content Marketing
Merancang, membuat dan memberikan konten
tentang industri. Perihal tersebut buat menarik pembaca mengenali bisnis serta memotivasi mereka buat jadi pembeli.
Konten ini bisa terbuat dalam wujud unggahan web, media sosial, postingan, e- book, indografis dan brosur online.
3.Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran ialah metode otomatisasi tugas- tugas secara kesekian. Tugas- tugas semacam alur pekerjaan, lapisan unggahan konten dan laporan kampanye. Otomatisasi ini bisa dicoba di kanal digital semacam email dan Media Sosial .
4.Pay- Per- Klik( PPC)
PPC merupakan metode buat memusatkan traffic ke web Kamu dengan bayaran tiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Kamu bayar kemudian memperoleh slot paling atas tiap pencarian di Google serta dikenakan bayaran tiap kliknya.
Tidak hanya itu, terdapat pula Facebook Ads serta Pesan Sponsor LinkedIn.
5.Native Advertising
Wujud konten berbayar yang ditampilkan dalam wujud yang mempunyai kemiripan dengan konten media serta penempatannya. Konten yang nampak serta berperan semacam bagian dari media yang terpaut. Contohnya Promoted Post di Instagram serta Facebook.
6.Affiliate Marketing
Affiliate Marketing merupakan kala Kamu bermitra dengan layanan ataupun web orang lain buat membuat komisi dengan merujuk pembaca ataupun wisatawan ke bisnis Kamu. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.
7.Sosial Media Marketing
Kamu mempromosikan brand serta konten di media sosial semacam Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial ialah fasilitas buat membesar- besarkan brand.
- Kursus Website
- Kursus Google Ads
- Kursus SEO (Search Engine Optimization)
- Kursus Landing Page Kursus Facebook Ads

0 komentar:
Posting Komentar