Creative agency adalah agensi yang menawarkan jasa dan layanan yang berfokus pada tim kreatif dan desain. Selain itu, agensi ini seringkali memerlukan bantuan dari pihak lain seperti konsultan iklan marketing baik online atau offline untuk mensupport pekerjaan mereka sepenuhnya.
Perusahaan agensi kreatif pada umumnya memberikan pelayanan pembuatan konten iklan seperti video, menggarap website untuk branding serta mengatur event untuk memopulerkan suatu brand. Tim kreatif pada perusahaan ini membantu sebuah perusahaan untuk menemukan inovasi baru demi menunjang pertumbuhan bisnis dan membangun brand awareness kepada khalayak.
Creative agency yang ideal merupakan ahli branding yang hebat dalam ranah marketing dan desain produk yang tentunya menarik perhatian, menciptakan engagement yang kuat serta persuasif secara visual. Produk kreatifnya berupa logo, kop surat, kartu nama, hingga konsep branding keseluruhan yang komprehensif. Secara sistem, creative agency lebih berfokus pada tim kreatif daripada strategi pemasaran. Namun, agensi ini sering kali terdiri dari direktur kreatif dan desainer grafis untuk menciptakan content-konten kreatif yang ditujukan untuk memperkuat marketing.
7 Jenis agency
1. Digital agency
Digital Agency adalah sebuah agensi yang merupakan peralihan atau hasil evolusi perkembangan zaman. Di masa lalu, digital agency tidak berbeda dengan agensi periklanan atau biasa disebut advertising agency.
Perubahan pemasaran yang sebelumnya berjalan secara offline beralih ke dunia digital dimana internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Digital agency hadir untuk menangani berbagai klien yang membutuhkan bantuan periklanan kepada masyarakat yang sudah banyak menghabiskan waktu melihat berbagai device seperti komputer, laptop, dan lain sebagainya.
2. Advertising agency
Advertising agency adalah sebuah perusahan bisnis yang berfokus pada pembuatan, perencanaan, dan penanganan iklan atau advertisement. Mereka juga membawa berbagai bentuk pola marketing dan promosi yang diamanatkan oleh klien.
Iklan-iklan yang dibuat oleh para advertising agency ini dibuat demi menarik perhatian banyak konsumen yang menjadi incaran para klien. Mereka akan berusaha membuat berbagai strategi untuk membuat para calon customer membeli atau menggunakan produk dan jasa dari para klien dari agency tersebut.
3. Entertainment agency
Entertainment agency adalah sebuah perusahaan jasa di dunia hiburan. Mereka biasanya berisikan banyak orang yang berkecimpung dalam bidang entertainment seperti musisi, model, penari, dan berbagai pelaku di bidang kreatif lainnya.
Entertainment agency berfungsi sebagai jembatan untuk sosok berbakat di bidang entertainment. Mereka akan menjadi perusahaan yang membantu mengenalkan berbagai pelaku hiburan baik yang baru memulai maupun yang sudah berpengalaman lebih lama di dunia hiburan.
Entertainment agency akan mengatur segala hal yang menunjang promosi dari pelaku kreatif yang bernaung di bawahnya. Brand image dari sosok artis sampai panggung akan difasilitasi oleh agency yang menaungi mereka.
4. Marketing agency
Marketing agency adalah sebuah biro jasa atau perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran. Namun, berbeda dengan advertising agency, marketing agency hanya bergerak dalam pendekatan konsultatif.
Banyak pekerja di bidang marketing agency adalah pegawai dengan latar belakang departemen pemasaran dari perusahaan sebelumnya. Mereka memiliki banyak pengalaman dan riset pasar dan pengembangan strategi yang siap diimplementasikan kepada produk yang diinginkan klien.
5. Public relation agency
Selain untuk kebutuhan pemasaran, iklan, dan pengembangan karier, agency juga bisa memberikan sebuah jasa yang berkaitan langsung dengan public relation atau hubungan masyarakat. Agency ini disebut public relation (PR) agency.
Dalam pelaksanaan bisnisnya, PR Agency bergerak sebagai representasi klien dalam membentuk sebuah brand image agar dikenal lebih banyak oleh publik. Kebutuhan klien yang difasilitasi oleh public relation agency biasanya adalah pembuatan press release, event, dan berbagai kebutuhan untuk agenda talk show, seminar, dan lain sebagainya.
6. Branding agency
Agency jenis ini memiliki peran sebagai pembangun merek yang diinginkan oleh klien. Jasa yang diberikan branding agency banyak berkutat pada pembuatan logo atau tagline. Secara detail, branding agency memberikan identitas pada produk yang akan dibangun.
Mereka membuat poin-poin khusus yang melambangkan visi dan misi dari produk, serta mengimplementasikan gambaran strategi marketing yang dibutuhkan dalam pemasarannya.
7. Creative agency
Creative agency adalah sebuah perusahaan yang memberikan jenis pelayanan jasa yang berkaitan dengan produksi kreatif. Berbeda dengan entertainment agency yang banyak berisi talent yang muncul di depan layar, creative agency banyak berisi sosok kreatif di belakang layar.
Pekerjaan mereka banyak berisikan arahan kreatif dari sosok di belakang layar. Banyak pekerja dari creative agency memiliki latar pengalaman di bidang pembuatan karya video, baik film atau televisi maupun grafis.
Mereka yang menjadi ujung tombak di perusahaan ini adalah art director, videografer, creative director, desainer grafis, dan masih banyak lagi. Mereka akan berkolaborasi dengan tim marketing atau bisnis perusahaan klien atau agency lain yang membutuhkan tenaga dari bidang kreatif. Biasanya, perusahaan digital agency yang masih kekurangan sumber daya di bidang kreatif akan menjalin kolaborasi dengan creative agency.
Fungsi Creative Agency:
1.Agensi akan melayani klien sesuai dengan permintaan atau keinginan mereka untuk mempromosikan produk atau jasa klien
2.Agensi ikut membantu klien sehingga bisa meningkatkan keuntungan atau bahkan meningkatkan omset
3.Harga layanan dari perusahaan creative agency biasanya disesuaikan dengan budget klien sendiri
Struktur dalam perusahaan creative agency:
1.Account executive: bagian ini menangani pemasaran agar perusahaan memiliki banyak klien dan bahkan mendapatkan klien baru melalui media untuk menyalurkan informasi produk atau jasa yang dipasarkan.
2.Desain kreatif: Bagian dari bidang ini adalah membuat rancangan atau desain yang diinginkan oleh klien. Di bidang bagian desain kreatif harus bisa menangani dengan baik sesuai dengan brief klien.
3.Media: Bagian yang bertanggung jawab untuk menangani media iklan yang dipilih, jadwal tampilan, sampai penentuan harga. Bagian media adalah untuk menangani perencanaan media serta media untuk pembayaran pembeli.
4.Area Produksi: bagian ini menangani eksekusi, tampilan atau bahkan pelaksanaan syuting atau pengambilan gambar untuk membuat iklan kreatif, produksi bidang usaha yang telah dirancang oleh bidang kreatif
5.Bidang Riset Pemasaran: Pada bagian ini menangani segala hal tentang kondisi pasar, pasar pesaing, rating iklan sampai respon dari masyarakat mengenai produk dan layanan dari diklankan.
6.Bidang Konsultan Pasar: Pada bagian ini konsultan pasar mengurusi segala hal dan bagaimana mendefinisikan produk, desain kemasan, harga produk dan sebagainya sehingga dapat bersaing di pasar.
Manfaat Menggunakan Jasa Creative Agency
1.Berikan banyak masukan yang berarti
2.Menghasilkan Keuntungan Jangka Panjang
3.Tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan
4.Mempunyai jaringan yang luas untuk mendukung pertumbuhan bisnis
5.Membantu perusahaan tetap up to date
6.Kelola keuangan secara efisien.
Jika Anda membutuhkan Jasa Creative Agency Jakarta bisa hubungi nomer telepon di bawah ini
08881181818
DART Creative Agency hadir untuk memberikan dukungan teknis dalam penyusunan konsep, planning dan promosi media sosial Anda. Kami juga mendukung untuk pembuatan design serta posting konten yang akan dibuat secara terencana sesuai dengan tema dan konsep yang disusun.
Sebagai Creative Agency, kami memiliki service yang lengkap dan dikelola oleh team yang profesional untuk menunjang bisnis Anda didunia digital.

0 komentar:
Posting Komentar